Perkuat Ekonomi Lokal Melalui Kearifan Budaya Lewat Maju Festival 2024

By: seto0 comments

Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Maju Wijaya atau lebih dikenal sebagai Koperasi Maju, menyelenggarakan Maju Festival 2024.

Acara ini untuk pertama kalinya diadakan di mall yaitu di Baywalk Mall, Pluit, Jakarta Utara pada 19-20 Oktober 2024.

“Untuk pertama kalinya kami keluar kandang. Kita uji coba agar Maju Festival, sebuah acara yang dibalut dengan nilai-nilai budaya, makin dikenal di kalangan umum. Saya yakin ini jadi kesempatan baru untuk mengenalkan produk-produk UMKM binaan Koperasi Maju,” ungkap bapak Njo Hendwi Wijaya, Ketua Pengurus Koperasi Maju, dalam pidato pembukaannya dalam acara Maju Festival 2024, sabtu, 19 Oktober 2024.

“Semoga bisa membawa nilai tambah untuk anggota. Karena Koperasi Maju dimiliki oleh anggota jadi kita (pengurus) memberikan persembahan untuk bisa memamerkan produk-produk dan kebisaan para anggota kepada khalayak umum agar makin dikenal,” ujarnya menambahkan.

Perkuat Ekonomi Lokal Melalui Kearifan Budaya

Maju Festival 2024 mengangkat tema “Kreasi Nusantara: Memperkuat Ekonomi Lokal melalui Kearifan Budaya”.

Tema ini berfokus pada aspek ekonomi dan pelestarian budaya yang memastikan warisan nenek moyang terus hidup dan berkembang seiring dengan kemajuan zaman.

Dalam kegiatan ini, para anggota Koperasi Maju diberikan kesempatan untuk berinovasi, berkreasi, mempromosikan produknya, hingga berinteraksi dengan masyarakat.

Tidak hanya dimeriahkan oleh anggota Koperasi Maju, Maju Festival 2024 juga dihadiri oleh lebih dari 1000 pengunjung dari berbagai lapisan masyarakat termasuk komunitas pelaku UMKM, sekolah, universitas, dan komunitas seni budaya.

Acara ini makin meriah karena keterlibatan sekitar 43 stand UMKM dari anggota Koperasi Maju. Selain itu, ada berbagai talkshow, coaching clinic, inspirational story, Meja Kurator, Borobudur Kawedhar, teater tari, dan kegiatan hiburan lain.

Melibatkan Generasi Muda

Selain pendidikan dan pelatihan untuk pelaku usaha yang berpengalaman, Koperasi Maju juga mengundang beberapa sekolah untuk mengadakan Studentpreneurship Challenge (SPC).

Dalam kegiatan ini, para murid sekolah akan dikembangkan keterampilan kewirausahaannya agar bisa memberikan kontribusi positif bagi keluarga, masyarakat, dan bangsa.

Selain itu, para murid juga dilibatkan dalam pameran Borobudur Kawedhar yang mengajak pengunjung untuk menelusuri jejak kejayaan Nusantara sejak Batujaya hingga Borobudur serta nilai-nilai budaya yang menuntun pada kehidupan manusia yang toleran, harmonis, dan sentosa.

Melalui Maju Festival, Koperasi Maju berharap dapat memberikan wawasan kepada masyarakat luas tentang kekayaan warisan budaya Indonesia. Selain itu, melestarikan nilai-nilai budaya yang telah ada sejak dulu.

Related post

Leave A Comment