Berita

"Tim Koperasi Maju berpartisipasi dalam Penyuluhan Keamanan Pangan (PKP) yang diadakan oleh SUDINKES"

Selasa, 30 April 2019

Tim Koperasi Maju berpartisipasi dalam pertemuan Penyuluhan Keamanan Pangan (PKP), dengan mendaftarkan 7 (tujuh) dari 43 (empat puluh tiga) pelaku usaha dikarenakan kuota yang terbatas dari Suku Dinas Kesehatan (SUDINKES) Administrasi Jakarta Barat. Adapun produk-produk yang didaftarkan oleh pelaku usaha Koperasi Maju berupa telur ayam kampung, tepung bakpao, kue, roti, pastel, jus, dan beberapa produk lainnya.

Kegiatan ini dilakukan oleh SUDINKES Administrasi Jakarta Barat, bertujuan agar masyarakat mengetahui peraturan perundang-undangan dibidang Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP). Termasuk kebersihan dalam pengelolaan pangan melalui jalur pendidikan non formal berupa penyuluhan langsung kepada pelaku usaha skala rumah tangga. 

Penyuluhan ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari, pada tanggal 9-10 April 2019 ini berupa ujian tertulis dan seminar pada hari pertama, dan di hari kedua para pelaku usaha diharuskan membawa contoh produk dan kemasan serta stiker untuk diproses standar dan persyaratan kesehatan keamanan pangan. 

Selanjutnya, penyuluhan ini akan kembali dilaksanakan pada bulan Juni 2019 sehingga pelaku usaha masih memiliki waktu untuk mempersiapkan produknya dalam upaya mendapatkan sertifikat PKP ini. Sertifikat PKP itu sendiri merupakan salah satu syarat untuk mendapatkan Sertifikasi Produk Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT)  dan menjadikan produk pelaku usaha dapat dipercaya oleh konsumen karena sudah dinyatakan layak dan aman untuk dikonsumsi.