Berita

"Sosialisasi Industri Rumah Tangga dan pelatihan pembuatan Kapsul Daun Kelor KTB-UMKM Berkat Makmur"

Senin, 27 Mei 2019

KTB-UMKM Berkat Makmur bersama tim Koperasi Maju dan Ibu Yuliana selaku pendamping, melaksanakan pelatihan pembuatan kapsul daun kelor yang dilakukan di daerah Kutabumi, Tangerang. Dari pelatihan ini, mereka dapat membuat 240 (dua ratus empat puluh) kapsul daun kelor yang dikemas ke dalam 3 (tiga) botol berukuran 500g.

Selain pelatihan pembuatan produk, mereka diberikan penyuluhan seputar Produk Industri Rumah Tangga (PIRT) dengan masing-masing kelompok mewakilkan 2 (dua) orang untuk mengikuti penyuluhan yang akan dilakukan pada bulan Juli 2019 mendatang, dan mereka sepakat untuk memilih produk manisan buah dan sirup jeruk sebagai produk unggulan agar dapat mengantongi Sertifikasi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT) serta menjadikan produk pelaku usaha dapat dipercaya oleh konsumen karena sudah dinyatakan layak dan aman untuk dikonsumsi. 

Pembahasan modul pengembangan diri pun dilakukan setelah selesai penyuluhan PIRT dengan membahas Bab 10 mengenai 'Pergaulan dan Masa Depan'. Bab ini mengarahkan para anggota untuk memiliki pergaulan yang baik guna memberi dampak positif untuk masa depan. Pembahasan ini dimulai dengan tiap anggota menulis 5 (lima) orang yang sering bergaul dengannya, dilanjut dengan karakter yang paling dominan, tingkat kehidupan rohani, dan perkiraan kesejahteraan ekonomi orang-orang tersebut. Kesimpulan dari pembahasan modul ini adalah, bila kita berteman dengan mayoritas orang dengan karakter baik, maka kita akan terdorong berbuat baik.

Untuk ke depannya, mereka akan membahas modul pengembangan diri Bab 11 mengenai ‘Bantuan dan Pengembangan’ serta pelatihan pembuatan produk sabun garam aroma papermint .