Berita

"Pembahasan Modul Pengembangan Diri Bab 9 KTB-UMKM Berkat Makmur"

Rabu, 15 Mei 2019

KTB-UMKM Berkat Makmur dan tim Koperasi Maju serta Ibu Yuliana selaku pendamping melakukan pertemuan di daerah Kutabumi, Tangerang untuk membahas modul pengembangan diri Bab 9 (sembilan) mengenai ‘Memanfaatkan Waktu Dengan Bijaksana’. Modul ini membahas cara meluangkan waktu dengan lebih bijaksana. Waktu yang tersedia dalam 1 (satu) hari atau 24 jam dibagi menjadi 3 (tiga) bagian yaitu waktu untuk bekerja, istirahat, bersantai dan kegiatan lain. 
    
Pembagian ini dilakukan dengan melihat hasil evaluasi masing-masing anggota terlebih dahulu. Evaluasi apa yang telah dicapai 5 (lima) tahun yang lalu hingga kondisi yang diinginkan 5 (lima) tahun mendatang dilihat dari aspek kesehatan, penghasilan, tabungan, rumah dan kendaraan.

Selain pembahasan modul pengembangan diri, mereka membahas penentuan produk unggulan kelompok dan harga jualnya. Hasil dari penentuan ini adalah terpilihnya produk sabun berbahan baku cokelat dan sirup jeruk dengan singkong sebagai bahan baku pemanisnya. Adapun harga jual sabun cokelat dengan berat 80g dan harga sirup jeruk untuk setiap botol ukuran 350ml dihargai masing-masing Rp 25.000,- (dua puluh lima ribu rupiah).

Penentuan produk unggulan ini untuk persiapan Sertifikasi Produk Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT) pada bulan Juli mendatang dan izin Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) jika sudah dinilai siap dan layak.

Untuk ke depannya mereka akan melakukan pembahasan modul pengembangan diri Bab 10 mengenai ‘Pergaulan Dan Masa Depan’ dan pelatihan pembuatan produk berbahan baku daun kelor seperti kapsul daun kelor dan teh.