Berita

"Pelatihan Pembuatan Selai Durian oleh KTB-UMKM Berkat Maju"

Selasa, 21 Mei 2019

KTB-UMKM Berkat Maju bersama tim Koperasi Maju dan Ibu Tuti selaku pendamping melakukan pelatihan pembuatan selai durian yang dilakukan di daerah Jelambar Aladin, Jakarta Utara.Dari pelatihan ini mereka dapat membuat selai durian yang akan dijadikan sampel pengajuan layak atau tidaknya untuk dijadikan produk unggulan

Selain pelatihan, kelompok ini juga membahas modul pengembangan diri Bab 11 (sebelas) mengenai ‘Bantuan dan Pengembangan’. Bab ini membahas perbedaan antara bantuan dan pengembangan. Perbedaan ini berdasarkan kondisi yang dialami oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Dengan melihat kriteria bantuan dan pengembangan ini, mereka bisa memaksimalkan kebutuhan yang ada di masyarakat.

Adapun perbedaan antara bantuan dengan pengembangan adalah, bantuan mudah dikerjakan sedangkan pengembangan lebih sulit dikerjakan. Daya tarik bantuan lebih menarik daripada pengembangan. Bantuan tidak mengembangkan karakter masyarakat berbeda dengan pengembangan yang mengembangkan karakter. Sumber daya yang dipakai bantuan sebagian dari luar yang bersifat sementara sedangkan pengembangan memakai sumber daya lokal yang tahan lama. Hasil yang didapatkan dari bantuan tidak sebanyak pengembangan serta perbedaan terakhir adalah bantuan dilakukan pada kondisi darurat berbeda dengan pengembangan yang dilakukan pada kondisi aman.

Sebelumnya, kelompok ini melakukan pelatihan pembuatan lemon vinegar atau pembersih kaca aroma lemon dan membahas modul pengembangan diri Bab 10 (sepuluh) mengenai ‘Pergaulan Dan Masa Depan’. Untuk ke depannya, mereka akan membuat produk yang bahan baku utamanya lebih mudah didapat seperti minuman jahe instan dan bumbu masakan instan.