Berita

"Pelatihan pembuatan Sabun Garam KTB-UMKM Cetiya Prajna Sasana"

Selasa, 7 Mei 2019

KTB-UMKM CPS (Cetiya Prajna Sasana) dan tim Kopeasi Maju berserta Ibu Diana selaku pendamping melakukan pelatihan pembuatan sabun garam di daerah Pekojan, Jakarta Barat. Dari pelatihan ini, anggota kelompok mampu menghasilkan 9 (sembilan) batang sabun. Produk berbahan baku garam ini dikemas dengan harga jual Rp 20.000,- (dua puluh ribu rupiah) untuk setiap batang sabun berukuran 75g. 

Selain itu, kelompok ini juga membahas modul pengambangan diri bab 9 (sembilan) mengenai ‘memanfaatkan waktu dengan bijaksana’.Modul ini membahas cara meluangkan waktu dengan lebih bijaksana. Waktu yang tersedia dalam 1 (satu) hari atau 24 jam dibagi menjadi 3 (tiga) bagian yaitu waktu untuk bekerja, istirahat, bersantai dan kegiatan lain. 
    
Pembagian ini dilakukan dengan melihat hasil evaluasi masing-masing anggota terlebih dahulu. Evaluasi apa yang telah dicapai 5 (lima) tahun yang lalu hingga kondisi yang diinginkan 5 (lima) tahun mendatang dilihat dari aspek kesehatan, penghasilan, tabungan, rumah dan kendaraan. 

Untuk kedepannya, kelompok ini akan membahas modul pengembangan diri bab 10 (sepuluh) mengenai ‘pergaulan dan masa depan’. Selain membahas modul, akan melakukan pelatihan pembuatan selai untuk sampel produk unggulan dari kelompok ini.