Berita

"Pelatihan pembuatan kapsul daun kelor dan pembahasan modul pengembangan diri oleh KTB-UMKM Bumi Baru"

Kamis, 13 Juni 2019

KTB-UMKM Bumi Baru bersama dengan tim Koperasi Maju dan Ibu Diana selaku pendamping melakukan pelatihan pembuatan produk kesehatan di daerah Periuk, Kota Tangerang. Produk yang dibuat oleh anggota kelompok adalah kapsul sebagai tambahan nutrisi atau kesehatan tubuh dengan bahan baku utama daun kelor. 

Selain pelatihan pembuatan produk, kelompok ini juga membahas modul pengembangan diri Bab 11 mengenai ‘Bantuan Dan Pengembangan’. Bab ini membahas perbedaan antara bantuan dan pengembangan. Perbedaan ini berdasarkan kondisi yang dialami oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Dengan melihat kriteria bantuan dan pengembangan ini, mereka bisa memaksimalkan kebutuhan yang ada di masyarakat.

Pada umumnya masyarakat hanya mengandalkan bantuan dari orang lain di luar wilayah permukimannya. Jika terus mengandalkan bantuan, masyarakat tidak menyadari potensi yang ada di sekitarnya dan menyebabkan daerah mereka tertinggal serta hasil yang didapatkan dari bantuan tidak sebanyak pengembangan.

Sebelumnya, KTB-UMKM Bumi Baru melakukan pelatihan pembuatan sabun mandi ekstrak kedelai dan membahas modul pengembangan diri Bab 9 mengenai ‘Memanfaatkan Waktu Dengan Bijaksana’. Untuk ke depannya, kelompok ini akan melakukan pelatihan pembuatan produk sabun berbahan baku garam, serta membahas modul pengembangan diri Bab 12 mengenai “Mengenali Kendala-kendala Dalam Pengembangan”.