Berita

"KTB-UMKM Bumi Baru Memaksimalkan Potensi Kedelai Menjadi Sabun"

Rabu, 8 Mei 2019

KTB-UMKM Bumi Baru dan tim Koperasi Maju berserta Ibu Diana selaku pendamping melakukan pelatihan pembuatan sabun mandi ekstrak kedelai di daerah Periuk, Tangerang. Dari pelatihan ini, mereka membuat 6 (enam) batang sabun ukuran 50g. Potensi kedelai yang berlimpah menjadi inspirasi bagi kelompok ini untuk memaksimalkan produk baru berbahan baku kedelai.

Selain itu, kelompok ini juga membahas modul pengembangan diri Bab 9 (sembilan) mengenai ‘memanfaatkan waktu dengan bijaksana’. Modul ini membahas cara mendapatkan peningkatan hidup dalam 5 (lima) tahun ke depan. Salah satu caranya adalah menghentikan kegiatan tidak produktif dan menentukan kegiatan produktif yang akan dimulai.

Sebelumnya, nama KTB UMKM Bumi Baru bernama Kuta Baru. Pergantian nama ini berasal dari nama Kuta Bumi yang dirasa lebih mewakili untuk penggunaan nama kelompok. Dengan bergantinya nama kelompok terdapat penambahan anggota baru yang semula 4 (empat) orang menjadi 5 (lima) orang. Penambahan anggota yang tergolong muda ini diharapkan mampu menambah potensi kelompok yang mayoritas Ibu Rumah Tangga (IRT).

Untuk ke depannya, kelompok ini akan melakukan pelatihan pembuatan nugget berbahan baku kedelai dan membahas modul pengembangan diri bab 10 (sepuluh) mengenai ‘pergaulan dan masa depan’.