Berita

"Bertumbuh melalui wadah KTB-UMKM"

Jumat, 5 Juli 2019

Setiap minggunya Kelompok Tumbuh Bersama, Usaha Mikro, Kecil, Menengah (KTB UMKM) Koperasi Maju melakukan pelatihan pembuatan produk dan membahas modul pengembangan diri. Beberapa KTB-UMKM sudah mampu membuat produk untuk dijual. Produk seperti sabun lidah buaya, serum lemon, body butter , kapsul daun kelor, garam rendam, jahe instan, serta serum rosella sudah mampu dibuat oleh beberapa KTB-UMKM seperti Kumses, Berkat Makmur, Teluk Gong, Bumi Cengkareng Indah (BCI), dan Maju Sukses.

Selain pembuatan produk, pembahasan modul pengembangan diri juga dinilai penting oleh anggota KTB-UMKM. Misalnya mereka dapat menyadari pentingnya menentukan prioritas dalam kehidupan pribadi maupun kelompok, terlebih anggota menjadi paham apa yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan bersama, sehingga kegiatan yang dilakukan kelompok dapat memberikan dampak yang positif.

Anggota kelompok juga menyadari pentingnya pencatatan keuangan sehingga mereka berkomitmen untuk melaporkan catatan keuangan kelompok secara berkala, dan dilaporkan setiap minggunya. Hal ini dikarenakan produksi berkala yang mulai terus bergulir karena adanya permintaan dari konsumen sehingga, berdampak pada pendapatan kas kelompok.

Masing-masing KTB-UMKM juga sudah memiliki fokus yang sudah mereka tetapkan, seperti KTB-UMKM Berkat Makmur yang ingin meningkatkan kualitas produk sabun coklat, sedangkan KTB-UMKM Kumses yang memiliki rencana pengembangan dan inovasi produk yang sudah ada sehingga dapat meningkatkan kualitas produk, kemudian KTB-UMKM BCI yang sedang mengurus ijin usaha serta ijin produk, dan juga KTB-UMKM Maju Sukses menambah produksi jahe instan dikarenakan permintaan produk yang semakin meningkat. Serta KTB-UMKM Teluk Gong yang sedang mempersiapkan produk makanan yang lebih diminati konsumen.